Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo Bukan Photographer menjadi topik perdebatan yang cukup hangat di kalangan para pengambil gambar atau foto. Yang diperdebatkan sebenarnya hal yang sepele. Soal gengsi dan harga diri terkait hobi seseorang dalam jeprat jepret itu pantas disebut Tukang Foto atau Photographer (fotografer).
tukang photo photographer
Padahal photographer atau fotografer itu istilah yang kita serap dari bahasa Inggris, yang kalau dibawa ke Bahasa Indonesia jadinya Tukang Foto. Photographer sendiri berasal dari dua kata yakni photo dan graph. Photo artinya foto dan Graph artinya grafik. Karena sebenarnya sebuah gambar atau foto merupakan kumpulan grafik berbagai pixel warna yang membentuk sebuah image.

Jadi, sebenarnya tidak ada perdebatan Tukang Photo Bukan Photographer karena keduanya memiliki makna yang sama. Hanya saja manusia kebanyakan mau dipuji, mau disebut dengan istilah yang lebih mengangkat harga dirinya di mata sosial. Karena itu, mulai sekarang jangan lagi memperdebatkan Tukang Foto Bukan Fotografer karena keduanya saudara kembar.